Wednesday, February 2, 2011

Aplikasi Ponsel Pemantau Karyawan Bandel

Jakarta - Menggunakan fasilitas kantor seperti telepon dan mobil untuk kepentingan pribadi kerap dilakukan karyawan. Termasuk Anda juga? Hati-hati, sekarang ada aplikasi ponsel khusus yang bisa mengintai Anda. Crystall Ball, demikian nama aplikasi tersebut, memungkinkan para bos perusahaan mengetahui lokasi pegawainya, melihat panggilan telepon atau pesan masuk dan keluar dan semua trafik internet yang diakses. Bahkan juga penggunaan mobil kantor untuk kepentingan pribadi.

Maka siap-siap saja jika bos Anda menggunakan aplikasi ini, tak ada gunanya lagi berbohong soal menunggu antrean makan siang yang sangat panjang, terjebak macet dan lain sebagainya.

Karena saat dipasang di mobil, si bos bisa mengetahui jumlah kilometer yang ditempuh, jumlah bahan bakar yang dikeluarkan, jumlah penumpang di dalam mobil, kecepatan, waktu, dan lokasi karyawan berada.

"Saya terinspirasi membuat aplikasi ini setelah bos mengeluh banyak karyawan yang menggunakan mobil kantor untuk jalan-jalan dan kepentingan pribadi lainnya," kata si pencipta aplikasi Raj Singh.

Dilansir Daily Mail, aplikasi yang dinamakan Crystall Ball ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan sistem navigasi satelit di dalam mobil.

Sekali karyawan melakukan sign-in setiap harinya, maka itulah saatnya semua gerak-geriknya diawasi langsung oleh si atasan melalui smartphone Blackberry, HTC, atau Nokia. Setelah selesai bekerja, karyawan akan mendapatkan kembali privasinya setelah melakukan sign out dari mesin absen kantor.

sumber : detik.com


No comments:

Post a Comment