Sunday, March 27, 2011

Review - Firefox 4

Persaingan browser di ranah PC semakin memanas. Hanya beberapa hari setelah peluncuran Internet Explorer 9, Firefox langsung meluncurkan browser terbarunya Firefox 4. Bagaimanakah peningkatan visual dan performa browser ini ? Apa yang ditawarkan oleh Mozilla dengan browser andalannya ? Berikut Reviewnya !


Perubahan User Interface
Secara garis besar tampilan Firefox 4 lebih mirip kolaborasi antara IE, Opera dan Chrome. Didesain lebih sederhana sehingga tidak memakan banyak space untuk membuka web.

Menu Bar
Firefox 4 juga menghadirkan "Orange Menu" yang terletak di pojok kiri atas sebagai pengganti menu lama pada versi firefox sebelumnya


 Add Ons Manager
Selain tampilan menu, mozilla juga menyuguhkan tampilan add-ons manager yang lebih rapih. Jika sebelumnya firefox harus membuka window yang baru untuk mengakses add-ons manager, kini menunya langsung diarahkan ke tab baru.



Performa
Seperti yang sudah digadang-gadang para designer mozilla, Firefox 4 mengalami peningkatan kecepatan akses secara drastis. Bisa dilihat dari salah satu uji benchmark berikut (lebih kecil lebih baik).












Support yang lebih banyak
Firefox 4 telah mendukung format WebM untuk tampilan High Definition (HD), Grafis 3D via WebGL dan tampilan elegan bersama CSS3.

HTML 5 
Firefox juga mendukung HTML 5 untuk urusan web video, audio, drag and drop. Artinya firefox 4 sudah terupdate dengan standar terbaru Web Environment.

Kesimpulannya, Firefox 4 telah menunjukkan peningkatan performa dan visual secara drastis jika dibandingkan dengan pendahulunya. Lebih cepat, lebih rapih, lebih terbuka, itulah yang menjadi prinsip utama Firefox 4.

No comments:

Post a Comment